Pages

Sabtu, 28 April 2012

Relay

sumber gambar tidak jelas dari mana. yang jelas itu bukan tulisan jawa. semoga bisa membantu

Relay

Perangkat  ini lazim digunakan pada kelistrikan sepeda motor, mobil, dan perangkat elektronik lainnya.

Wikipedia berkata”  Relay adalah komponen listrik yang dioperasikan sebagai saklar.

Beberapa relay menggunakan elektromagnet untuk mengoperasikan pensaklaran secara

mekanis, tetapi prinsip-prinsip operasi yang lain juga bisa digunakan. Relay

diperlukan untuk mengendalikan rangkaian dengan sinyal daya rendah (dengan isolasi

listrik yang lengkap antara kontrol dan rangkaian kontrol), atau di beberapa

rangkaian yang harus dikontrol oleh satu sinyal. Relay pertama digunakan di rangkaian

telegraf, mengulang sinyal yang datang dari suatu rangkaian dan mentransmisikan

ulang ke rangkaian yang lain. Relay digunakan secara luas dalam perakitan telepon

dan awal komputer untuk dapat melakukan operasi logis.”  panjang banget ….!!



Intinya relay digunakan untuk pensaklaran dan pelindung.

-Pensaklaran: relay digunakan untuk menghubungkan daya tinggi ke perangkat.

 jika daya perangkat berdaya tinggi langsung di hubungkan ke sumber listrik secara

manual, itu sangat berbahaya, karena bias menimbulkan percikan api listrik dan

mengakibatkan kerusakan pada terminal. Dengan relay, prnsaklaran dilakukan secara

mekanis dengan prinsip electromagnet menggunakan daya yang lebih kecil, sehingga aman.

-Pelindung: relay digunakan untuk pelindung komponen elektronik karena overload,

daya kejut berlebih, atau korsleting listrik sehingga komponen elektonika aman /

tidak terbakar.


 NO: Normali Open

 NC: Normali Close

Relay  bermacam jenisnya. secara fisik, ada yang berkaki 4 , kaki  5,  kaki  6 kaki 8.

Dibenak hati bertanya"Apakah sama, antara relay dan solenoid?"

Dari bahasa mungkin beda, Tapi cara kerjanya sama. Mungkin "solenoid" digunakan untuk komponen kendaraan bermotor, tapi tetep sama menggunakan prinsip kerja elektromagnet

Mohon maaf jika ada kekurangan,

Referensi: wikipedia

                   other.

Roda Belakang Geal Geol


Mari kita coba analisa satu persatu.

Coba sobat cek roda belakang dengan cara menggoyangkan ke kiri-kekanan. Coba perhatikan baik baik..!!

Apakah roda belakang oblak,jika iya pasti sobat berfikir pasti itu bearing / lahernya yang jebol. Dalam benak pikiranku juga begitu.

coba sobat lepas roda dan cek bearingnya. Jika bearing nempel kuat di roda berarti sobat tinggal mengganti bearing yang sama ukurannya.

tapi kalo ternyata bearing mudah lepas dari roda,..JANGAN_JANGAN rumah bearingnya yang terkikisa dan aus, sehingga bearingnya longgar. Wahhh, repot kalo kaya gini..!!

kalo sudah kaya gini sobat harus ketukang bubut untuk memperbaiki rumah bearingnya. Tukang bubut pastinya sudah tau harus diapakan roda anda. yang sering dilakukan tukang bubut yaitu menambah daging rumah laher dengan metode sock(memasukan pipa besi ke rumah laher yang sudah disesuaikan diameter lubangnya). kalo cor ulang kaya'nya ribet dan biayanya mahal.

Nah, kalo misal bearingnya oke, rumah lahernya oke,....coba sobat goyang roda sekali lagi.perhatikan di sekitar as arm(lengan ayun). kemungkinan besar itu biang keroknya. Ternyata bos arm nya yang aus.

Rata-rata bos arm terbuat adri besi silinder yang dibaluk plastik / teflon. Biasanya plastik / teflon nya itu yang aus.

Solusinya yaitu sobat harus mengganti bos arm yang baru. Orisinil Tapi harganya mahal. Yang KW murah tapi tidak tahan lama. Paling 3 bulan udah geal-geol lagi.

Hehe,.. coba sobat ganti bos arm dengan laher bambu , atau laher jarum.

Contoh untuk Motor tiger atau mega pro, gantilah dengan Laher bambu ukuran kecil Kodenya HK1412 dijual Rp 15 ribu satu bijinya untuk satu sisi butuh 4  Kalau kanan-kiri berarti 8 x Rp 15.000 = Rp 120. 000.

Laher bambu kecil ini bagian dalamnya akan bersentuhan langsung dengan poros swing arm. Sedangkan bagian luarnya akan bertemu dengan laher gede yang juga akan bersentuhan langsung dengan lubang lengan ayun.

Laher besar yang harus disediakan sebanyak 6 biji Sebelah kiri perlu 3 laher dan kanan 3 laher harganya 6 x Rp 15.000 = Rp 90.000 kode laher bambu besar HK2016.

Untuk motor bebek tinggal menyesuaikan ukuran laher bambu yang sesuai..

Semoga bermanfaat,...........

Jumat, 27 April 2012

Merawat Aki Sepeda Motor

Awas,...korosi bisa menjalar akibat batere /aki. Jika usia batere sudah tua,ditambah kurang perawatanya batere akan memperpendek usia batere, akan mengakibatkan korosi yang ditandai dengan serbuk putik di kutub terminal batere. jika tidak segera dibersihkan maka bisa menjalar ke bagian lain dan mengakibatkan keropos/ korosi.

Cara membersihkan cukup mudah, yaitu:
 
  •  Lepas kabel pada kutub terminal batere. Biasanya baut susah dilepas karena baut termakan korosi dan baut terminal batere terbuat dari tembaga sehingga mudah selek/ aus. Untuk itu, semprotkan dulu cairan pengangkat korosi seperti 4WD atau sejenisnya, kemudian lepas bautnya.
  • Setelah kabel terlepas, bersihkan kutub baterai dan kaki kabel dengan sikat hingga bersih. kalau kotoran susah hilang, bisa dengan air hangat. Hati-hati bisa short electrisitas karena kutub baterai basah.
  • Jika batere sudah lemah, maka langkah no.2 tidak perlu dilakukan. Cukup tebus batere baru di toko, tinggal pilih batere basah, apa batere kering /MF. Yang jelas batere /aki kering lebih mahal ari aki basah.
  • Cek ketinggian cairan elektrolit batere. Tambahkan jika cairan elektrolit batere bibawah garis low, higga batas atas.

  • Pasang kembali batere dengan kabel-kabelnya, kemudian olesi terminal kutub batere dengan grease/ gemuk stempet sampai merata.

Semoga Bermanfaat,..

Merawat tangki Bensin Sepeda Motor


Merawat tangki bensin sepeda motor kesayangan anda.

Langsung ajalah, ga pake lama.

usia sepeda motor anda sudah 2 tahunan atau lebih,silahkan cek apa yang ada dalam tangki bensin sepeda motor anda. Pastinya bensin kan..!!

Perlu diingat bahwa didalam tangki ada udara,uap bensin, bensin dan mungkin benda-benda aneh yang tidak sengaja masuk. Uap bensin dan udara didalam tangki akan menyebabkan terbentuknya titik-titik embun dan dalam jangka panjang akan terkumpul air didasar tangki bensin yang akan mengakibatkan korosi dan akhirnya tangki bensin bocor.

Untuk itu, lakukan perawatan dengan cara menguras tangki bensih setiap 1 tahun sekali. Untuk motor laki yang tutup tangkinya diatas dan mudah kemasukan air jika lagi musim hujan, maka periodik pengurasan tangki bisa dilakukan 6 bulan sekali.

Caranya:

1. Kuras bensin sampai habis.

2. Copot tangki bensin dengan melepas selang ke karbu/ keran dan lepas baut pengikat tangki.

3. Jika sudah terlepas, tutup lubang outlet bensin, tuangkan bensin kira2 1 gelas atau 2 gelas kalau kurang banyak ya 1 liter. Kemudian tutup tangki, dan kocok-kocok beberapa menit. sesudah itu posisikan outlet tangki berada dibawah supaya kotoran mengendap di sekitar lubang outlet tangki, sehingga ketika kita melepas sumbat yang ada di outlet tangki, kotoran langsung keluar.

jangan heran kalau di tangki bensin anda ternyata berisi air lumayan banyak, dan seember kotoran korosi/ karat yang rontok. wekekeke....

Roller Bearing Sizes

Without a lot of enlightenment, of course you already know and understand the dimensions of the bearing below

Please direct clay table:



Sepeda Motor Paling Nyaman Di Dunia

Sepeda motor yang paling nyaman didunia adalah motor punya sendiri,..motor yang lunas cicilannya,.. meskipun motornya jelek, tapi hasil keringat sendiri. meskipun mogokan,..tapi ga dikejar-kejar tukang leasing motor kreditan. Bagimu, sepeda motor mungkin sebagai alat mempermudah ke tempat tujuan. Baginya, sepeda motor adalah asesoris buat gaya kamu / style kamu, sehingga sepeda motor dipermak habis supaya terlihat menarik dengan berbagai aliran modifikasi.

Bagiku sepeda motor adalah mainan. Gue bebas bermain dengan gas, kopling, breaking. Gue bebas sleeding,..Gue bebas Stopie,...Gue bebas front standing,....Gue juga bebas merombak motor gue agar lebih safety, dan indah dipandang mata.

Syukuri apa yang sudah kita miliki,..itu akan lebih baik daripada kamu berkhayal ingin lebih cuma diangan-angan.
Read more: http://www.bum1.info/2012/04/cara-membuat-navigasi-paging-halaman.html#ixzz1trNJF9tl