Pages

Jumat, 27 April 2012

Merawat Aki Sepeda Motor

Awas,...korosi bisa menjalar akibat batere /aki. Jika usia batere sudah tua,ditambah kurang perawatanya batere akan memperpendek usia batere, akan mengakibatkan korosi yang ditandai dengan serbuk putik di kutub terminal batere. jika tidak segera dibersihkan maka bisa menjalar ke bagian lain dan mengakibatkan keropos/ korosi.

Cara membersihkan cukup mudah, yaitu:
 
  •  Lepas kabel pada kutub terminal batere. Biasanya baut susah dilepas karena baut termakan korosi dan baut terminal batere terbuat dari tembaga sehingga mudah selek/ aus. Untuk itu, semprotkan dulu cairan pengangkat korosi seperti 4WD atau sejenisnya, kemudian lepas bautnya.
  • Setelah kabel terlepas, bersihkan kutub baterai dan kaki kabel dengan sikat hingga bersih. kalau kotoran susah hilang, bisa dengan air hangat. Hati-hati bisa short electrisitas karena kutub baterai basah.
  • Jika batere sudah lemah, maka langkah no.2 tidak perlu dilakukan. Cukup tebus batere baru di toko, tinggal pilih batere basah, apa batere kering /MF. Yang jelas batere /aki kering lebih mahal ari aki basah.
  • Cek ketinggian cairan elektrolit batere. Tambahkan jika cairan elektrolit batere bibawah garis low, higga batas atas.

  • Pasang kembali batere dengan kabel-kabelnya, kemudian olesi terminal kutub batere dengan grease/ gemuk stempet sampai merata.

Semoga Bermanfaat,..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://www.bum1.info/2012/04/cara-membuat-navigasi-paging-halaman.html#ixzz1trNJF9tl