Pages

Sabtu, 28 April 2012

Roda Belakang Geal Geol


Mari kita coba analisa satu persatu.

Coba sobat cek roda belakang dengan cara menggoyangkan ke kiri-kekanan. Coba perhatikan baik baik..!!

Apakah roda belakang oblak,jika iya pasti sobat berfikir pasti itu bearing / lahernya yang jebol. Dalam benak pikiranku juga begitu.

coba sobat lepas roda dan cek bearingnya. Jika bearing nempel kuat di roda berarti sobat tinggal mengganti bearing yang sama ukurannya.

tapi kalo ternyata bearing mudah lepas dari roda,..JANGAN_JANGAN rumah bearingnya yang terkikisa dan aus, sehingga bearingnya longgar. Wahhh, repot kalo kaya gini..!!

kalo sudah kaya gini sobat harus ketukang bubut untuk memperbaiki rumah bearingnya. Tukang bubut pastinya sudah tau harus diapakan roda anda. yang sering dilakukan tukang bubut yaitu menambah daging rumah laher dengan metode sock(memasukan pipa besi ke rumah laher yang sudah disesuaikan diameter lubangnya). kalo cor ulang kaya'nya ribet dan biayanya mahal.

Nah, kalo misal bearingnya oke, rumah lahernya oke,....coba sobat goyang roda sekali lagi.perhatikan di sekitar as arm(lengan ayun). kemungkinan besar itu biang keroknya. Ternyata bos arm nya yang aus.

Rata-rata bos arm terbuat adri besi silinder yang dibaluk plastik / teflon. Biasanya plastik / teflon nya itu yang aus.

Solusinya yaitu sobat harus mengganti bos arm yang baru. Orisinil Tapi harganya mahal. Yang KW murah tapi tidak tahan lama. Paling 3 bulan udah geal-geol lagi.

Hehe,.. coba sobat ganti bos arm dengan laher bambu , atau laher jarum.

Contoh untuk Motor tiger atau mega pro, gantilah dengan Laher bambu ukuran kecil Kodenya HK1412 dijual Rp 15 ribu satu bijinya untuk satu sisi butuh 4  Kalau kanan-kiri berarti 8 x Rp 15.000 = Rp 120. 000.

Laher bambu kecil ini bagian dalamnya akan bersentuhan langsung dengan poros swing arm. Sedangkan bagian luarnya akan bertemu dengan laher gede yang juga akan bersentuhan langsung dengan lubang lengan ayun.

Laher besar yang harus disediakan sebanyak 6 biji Sebelah kiri perlu 3 laher dan kanan 3 laher harganya 6 x Rp 15.000 = Rp 90.000 kode laher bambu besar HK2016.

Untuk motor bebek tinggal menyesuaikan ukuran laher bambu yang sesuai..

Semoga bermanfaat,...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: http://www.bum1.info/2012/04/cara-membuat-navigasi-paging-halaman.html#ixzz1trNJF9tl